Rabu, 12 Oktober 2011

Pemrograman Berorientasi Objek- Pert5

Nama : Reza Amalia Priyantina
Nim : 10410100110
Kelas : P3


INHERITANCE

Inheritance (Pewarisan) yaitu proses pewarisan data dan method dari suatu kelas kepada kelas yang lain. Pewarisan ini bersifat menyeluruh, sehingga semua data dan method yang dimiliki oleh kelas asalnya akan diturnkan kepada kelas baru.
      Kelas yang mewariskan disebut kelas super (super class). Sedangkan kelas yang diwariskan disebut sub class. Dalam beberapa refrensi kelas super disebut juga dengan class induk, dan subclass disebut juga sebagai class anak.
      Apabila dalam hirarki class, class induk mendapatkan juga pewarisan dari class lainnya, maka data dan method yang berasal dari class tersebut akan ikut diwariskan pula pada class anaknya. Sebagai contoh, kelas C merupakan kelas yang diwariskan dari kelas induk B. Sementara itu class B mendapatkan sebagian besar data dan methodnya dari proses pewarisan class A, maka secara otomatis data dan method yang berasal dari class A juga akan diwariskan kepada class C.
      Efek dari proses ini adalah class anak akan mewarisi semua method dan data dari class induk.
      Contoh Inheritance
Overriding Data dan Method
ð  Kemampuan suatu subclass untuk memodifikasi data dan method dari class induknya. Overriding disebut juga redefinisi data dan method. Proses ini akan merubah data dan method dari keduanya, kelas induk dan class anaknya. Ada dua alasan mengapa menggunakan overriding :
1.      Mendefinisikan kembali method kelas induknya secara total.
2.      Menambahkan behaviour tertentu pada method kelas induknya.
Proses ini berkaitan dengan proses Polymorphism. Overriding hanya bisa dilakukan untuk data dan method yang memiliki modifier public,protected maupun default.

Keyword Extens
                  Digunakan keyword extens untuk mengaplikasikan konsep pewarisan (Inheritance). Keyword ini meyatakan bahwa suatu kelas merupakan perluasan dari class lain yang dijadikan basis (kelas Induknya).

Keyword Super
                  Keyword ini digunakan oleh suatu class anak untuk memanggil konstruktor atau method yang dimiliki oleh class induk yang menjadi basisnya.
Cara memanggilnya :
 Bentuk super() akan memanggil default konstruktor dari class supernya, sedangkan super(parameter) akan memanggil konstruktor class super yang sesuai dengan parameter tersebut. NB: statemen yang mengandung keyword super harus diletakkan pada baris pertama bagian class sub.

ENKAPSULASI

Enkapsulasi adalah bagaimana anda “membungkus” data dan method yang menyusun class sehingga class dapat dipandang sebagai suatu modul. Termasuk disini adalah tingkat aksesibilitas dari masing-masing data dan method serta menyembunyikan detail implementasinya dari dunia luar. Dalam pemrograman, menyembunyikan detail ini dikenal dengan istilah Information Hidding.
Keuntungan Menggunakan Enkapsulasi :
1.      Bersifat independen
Suatu modul yang terenkapsulasi dengan baik akan bersifat independen dari modul lainnya sehingga dapat digunakan pada bagian manapun dari program. Ia akan terikat pada bagian tertentu dari program.
2.      Bersifat transparan
Bila anda melakukan modifikasi pada suatu modul, maka bagian tersebut akan dirasakan juga oleh bagian program yang menggunakan modul tersebut.
3.      Menghindari efek yang di luar perencanaan
Modul yang terenkapsulasi dengan baik hanya akan berinteraksi dengan bagian program lainnya melalui variabel-variabel input/output yang telah didefinisikan sebelumnya.

POLYMORPHISM

            Polymorphism bermakna sesuatu yang memiliki banyak bentuk. Dalam pemrograman istilah polymorfi dapat diartikan sebagai modul yang memiliki nama sama, namun behaviour (tingkah laku) berbeda, sehingga listing code dan implementasinya berbeda.

File dapat didownload DISINI 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search