Nama : Reza Amalia Priyantina
MatKul : Konsep Sistem Informasi
Nim : 10410100110
Kelas : P1
SEKOLAH
TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER SURABAYA
PERTEMUAN
6
DECISION
SUPPORT SYSTEMS
(System
Pendukung Keputusan)
Definisi
dari Decision Support System (DSS) sangatlah banyak, banyak para ahli yang
mengemukaan pendapatnya tentang definisi DSS itu sendiri. Namun dari sekian
banyak definisi yan telah dikemukakan, pada intinya mereka adalah sama, yaitu :
“suatu
sistem komputer yang berguna bagi para pengambil keputusan untuk memecahkan
masalah mereka yang kurang lebih berhadapan dengan masalah non-struktur atau
semi-struktur”.
Tujuan
Decision
Support System mempunyai tujuan, antara lain yaitu :
1. Membantu
manager membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi struktur.
2. Mendukung
penilaian manager bukan mencoba menggantikannya.
3. Meningkatkan
efektifitas pengambilan keputusan seorang manager daripada efisiensinya.
Tahap-Tahap
DSS
Tahap
dalam pengambilan keputusan antara lain :
1. Kegiatan
Intelijen
2. Kegiatan
Merancang
Kegiatan Intelijen merupakan kegiatan mengamati
lingkungan untuk mengetahui dan menyimpulkan kondisi-kondisi yang perlu
diperbarui. Kegiatan ini merupakan tahapan dalam pengembangan cara berfikir.
Untuk melakukan kegiatan intelijen ini diperlukan sebuah system informasi
dimana informasi yang dibutuhkan ini didapatkan melalui kondisi internal maupun
eksternal sehingga seorang manager dapat mengambil keputusan yang tepat.
Kegiatan merancang merupakan sebuah kegiatan untuk
menemukan, mengembangkan dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang
mungkin untuk dilakukan. Tahap perancangan ini meliputi pengembangan dan
mengevaluasi serangkaian kegiatan alternatif. Pertimbangan-pertimbangan utama
telah diperkenalkan oleh Simon untuk melakukan tahapan ini, apakah situasi
keputusan ini terprogram atau tidak.
Sedangkan kegiatan memilih dan menelaah ini digunakan untuk
memilih satu rangkaian tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia dan
melakukan penilaian terhadap tindakan yang telah dipilih.
Jenis-Jenis
DSS
Jenis DSS menurut tingkat kerumitan
dan tingkat dukungan pemecahan masalahnya adalah sebagai berikut:
1. Mengambil
elemen-elemen informasi
2. Menganalisis
seluruh file
3. Menyiapkan
laporan dari berbagai file
4. Memperkirakan
akibat keputusan
5. Mengusulkan
keputusan
6. Membuat
keputusan
Penggunaan DSS dalam
suatu instansi perusahaan
Mengapa DSS
digunakan dalam perusahaan ?
1. Perusahaan
beroperasi pada ekonomi yang tidak stabil
2. Perusahaan
dihadapkan dalam kompetisi dalam dan luar negri yang meningkat
3. Perusahaan
menghadapi peningkatan kesulitan dalam hal melacak jumlah operasi-operasi
bisnis.
4. System
computer perusahaan tidak mendukung peningkatan tujuan perusahaan dalam hal
efisiensi, profitabilitas dan mencari jalan masuk di pasar yang benar-benar
menguntungkan.
Decision
Structure
1. Structured
ð Situasi
di mana prosedur yang mengikuti ketika keputusan yang dibutuhkan dapat
ditentukan di muka
2. Semi
Structured
ð Keputusan
prosedur yang dapat ditetapkan sebelumnya, tetapi tidak cukup untuk
menghasilkan keputusan yang pasti direkomendasikan
3. Unstructured
ð
Keputusan situasi di mana tidak posible
untuk menentukan di muka sebagian besar keputusan prosedures untuk diikuti
Level Manajemen :
1.
Manajemen tingkat rendah
Keputusan- keputusan
tersruktur è
keputusan berdasarkan prosedur dan data yang telah didefinisikan sebelumnya.
(sudah ada standartnya)
Misalnya : pada
waktu libur puasa dan lebaran, pabrik makan meningkatkan 20% produksinya karena
berdasarkan data history perusahaan yang meningkat pada masa-masa tersebut.
2.
Manajemen tingkat tengah
Keputusan semi
terstruktur è
keputusan berdasarkan data yang ada dan hasil analisa.
3.
Manajemen tingkat tinggi
Keputusan lebih
kepada hasil analisa. Informasi akan berubah- ubah sesuai dengan keputusan
(unschedule).
BUSINESS INTELLIGENCE
Merujuk kepada
teknik-teknik berbasis computer dalam mencari , mengeluarkan dan menganalisa
data bisnis, seperti keuntungan penjualan produk atau divisi.
Business
Inteligence Aplication
ð MIS
(Management Information System)
ð DSS
: Decision Support System
ð OLAP
: On Line Analytical Processing
ð Data
Mining
ð EIS
(Executive Information System)
ð EIP
(Enterprise Interface Portals)
Contoh untuk Decission
Making Levels
-
Strategic Manajement (direksi) è
meningkatkan sales diatas 20%
-
Techtical manajement (Manager)è
§ Marketing
:
·
- menambah budget iklan
·
- menambah salesman
·
- memperluas area penjualan
§ Pabrik
·
Menabah satu set mesin produksi
·
Meningkatkan proses produksi
·
Meminimalisir produk gagal
-
Operasional manajement
Pertemuan
7
Spesialis
Information Systems
Spesialis
Sistem Informasi
Artificial Intelligence
(AI) adalah Kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitasbuatan.
Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Domain dari AI ada 3, yaitu
cognitive science, robotic, dan natural interfaces. Robotics
Robot berasal dari kata Robota, dari bahasa Chekoslavia
yang berarti tenaga kerja. kata ini digunakan oleh
dramawan Karel Capek pada tahun 1920 pada sandiwara
fiksinya, yaitu R.U.R (Rossum’s Universal Robots).
Robot adalah suatu mesin yang dapat diarahkan untuk
mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa campur tangan lagi dari manusia.
Pengertian dari specialized IS ini
adalah suatu kecerdasan buatan ,yang dimana Sebuah bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi itu berdasarkan disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi,
psikologi, linguistik, matematika, dan rekayasa. Tujuan penggunaannya adalah
untuk mengembangkan komputer yang dapat mensimulasikan kemampuan untuk
berpikir, serta melihat, berjalan,berbicara, mendengar, dan merasakan.
• sistem pakar,
jaringan saraf, logika fuzzy
• pengenalan pola
• robot
• pengolahan bahasa
alami, pengenalan suara.
Expert System, Istilah expert system berasal dari
knowledge-based expert system (sistim cerdas berbasis pengetahuan), dimana
suatu sistem yang menggunakan pengetahuan manusia (human knowledge) yang
dimasukkan ke dalam komputer untuk memecahkan masalah yang umumnya memerlukan
keahlian seorang pakar/expert. Atau dapat juga dikatakan, sebuah program
komputer yang menggunakan pengetahuan dan teknik inferensi (pengambilan
kesimpulan) untuk memecahkan persoalan seperti yang dilakukan oleh seorang
pakar.
Keunggulan :
Kemampuan
menghimpun data dalam jumlah yang sangat besar.
Kemampuan
menyimpan data tersebut untuk jangka waktu yang panjang dalam suatu bentuk yang
tertentu.
Kemampuan
mengerjakan perhitungan secara tepat dan tepat dan mampu mencari kembali data
yang tersimpan dengan kecepatan tinggi.
Kekurangan:
Sistem
pakar hanya dapat menangani pengetahuan yang konsisten. Untuk pengetahuan yang
cepat berubah-rubah dari waktu ke waktu, maka knowledge base di
sistem pakar harus selalu diubah.
Atribut Perilaku Intelijen di dalam
specialized information system ,ini adalah : Berpikir dan mempunyai alasan ,
Gunakan alasan untuk memecahkan masalah, Belajar atau memahami dari pengalaman
Mendapatkan dan menerapkan pengetahuan, Menunjukkan kreativitas dan imajinasi.
Menghadapi situasi yang kompleks atau membingungkan, Merespon dengan cepat dan
berhasil untuk situasi baru, Mengenali pentingnya relatif dari unsur-unsur
dalam situasi, Menangani informasi yang ambigu, tidak lengkap, atau keliru.
Cognitive Science ini adalah Berbasis di
biologi, neurologi, psikologi, dll. Dia juga Berfokus pada meneliti bagaimana
otak manusia bekerja dan bagaimana manusia berpikir dan belajar. Sedangkan Expert System atau Sistem pakar
yakni Sebuah pengetahuan sistem informasi berbasis (KBIS) yang menggunakan
pengetahuan tentang aplikasi, khusus kompleks untuk bertindak sebagai konsultan
ahli untuk pengguna akhir, KBIS adalah sistem yang menambahkan basis
pengetahuan ke komponen lain pada IS. Manfaatnya : Lebih cepat dan lebih
konsisten daripada ahli, Dapat memiliki pengetahuan dari beberapa ahli, Tidak
mendapatkan lelah atau terganggu oleh terlalu banyak pekerjaan atau stres,
Membantu melestarikan dan mereproduksi pengetahuan para ahli. Keterbatasannya
yakni : terbatas fokus, Ketidakmampuan untuk belajar, pemeliharaan masalah,
pembangunan biaya, Hanya dapat memecahkan tipe tertentu dari masalah dalam
domain yang terbatas pengetahuan. Pelaksanaannya : Kredit / Mortgage Keputusan
Sistem Pakar, Ahli Medis Sistem, Teknisi Komputer Sistem Pakar.
Untuk Jaringan syarafnya ,Sistem
komputasi model setelah mesh seperti jaringan otak pengolahan unsur saling
berhubungan, yang disebut neuron, Saling prosesor beroperasi secara paralel dan
berinteraksi satu sama lain, Memungkinkan jaringan untuk belajar dari data itu
proses, Metode penalaran yang menyerupai penalaran manusia, Memungkinkan untuk
nilai perkiraan dan kesimpulan dan data tidak lengkap atau ambigu bukan
mengandalkan hanya pada data yang renyah, Menggunakan istilah-istilah seperti
"sangat tinggi" daripada tindakan yang tepat. Sebagai implementasinya
yakni dengan Aplikasi Peramalan Ekonomi, Tulisan Tangan Pengakuan Gadget, Sidik
Jari Pengakuan untuk Security Device.
Pola Pengakuan(Pattern Recognition)
dibidang dalam pembelajaran mesin dan dapat diartikan sebagai "tindakan
mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan klasifikasi data-data,
penentuan obyek fisik atau peristiwa ke dalam satu atau beberapa kategori,
pengakuan otomatis bentuk, sifat, situasi, kondisi, pengaturan tanpa
partisipasi aktif manusia dalam proses terminasi.
Pertemuan
8
Business Solution Development
(Pengembangan Solusi Bisnis)
System
Development Life Cycle (SDLC)
SDLC
|
Aktivitas
|
Output
|
|
System Investigation
System Analyst
|
Requirement Analyst
|
Untuk mencari kebutuhan baris yang
harus dipenuhi melalui system aplikasi.
|
*BRD : Business Requirement
Definition.
*FSD : Fungctional Spec Document
|
System Design
|
Desain System
|
Merancang alur proses & data dari
system aplikasi.
|
*DFD : Data Flow Diagram
*ERD : Entity Relationship Diagram
|
Coding + Testing
|
Menuliskan proses bisnis dengan bahasa
pemrograman
|
*Source code program
*Hasil SIT (System Integration Test)
|
|
System Implementation
|
Testing oleh user +
installasi/deployment
|
*Hasil UAT
|
|
System Maintenance
|
*Memperbaiki Bab/Error
*Menambah Fitur Program agar tetap
bisa memenuhi kebutuhan user
|
Penjelasan
gambar diatas akan diuraikan pada uraian di bawah ini :
System
Investigasi akan menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :
1. Apakah
kita memiliki peluang bisnis?
2. Apa
prioritas bisnis kita?
3. Bagaimana
teknologi informasi memberikan solusi system informasi yang menangani prioritas
bisnis kita?
Feasibility
Study
Sebuah
study awal dimana :
-
Informasi kebutuhan calon pengguna
-
Persyaratan sumber daya, biaya, manfaat
-
Dan kelayakan dari proyek yang diusulkan ditentukan.
Feasibility
Categories
ð Operasional
Feasibility :
·
Aspek Teknis
o Apakah
system dapat memenuhi tujuan organisasi untuk mendapat informasi yang
dibutuhkan?
o Apakah
system dapat diorganisasikan untuk menghasilkan informasi pada saat yang tepat
untuk setiap orang yang membutuhkan?
·
Aspek psikologis penerimaan oleh orang-orang
yang terlibat di dalam organisasi
o Apakah
system yang baru memerlukan restrukturisasi organisasi dan bagaimana akibat
strukturisasi ini terhadap orang-orang yang ada diorganisasi?
o Apakah
diperlukan pelatihan atau latihan ulang?
o Apakah
personil didalam organisasi dapat memenuhi criteria untuk system yang baru?
ð Economic
Feasibility
o Kelayakan
ekonomi berhubungan dengan return on investment atau beberapa lama biaya
investigasi yang kembali
o Apakah
bermanfaat melakukan investigasi ke proyek ini atau harus melakukan sesuatu
yang lain?
o Pada
suatu proyek yang besar biasanya lebih ditekankan pada kelayakan ekonomi karena
umumnya berhubungan dengan biaya yang lebih besar
o Untuk
menganalisa kelayakan ekonomi menggunakan analisa biaya.
ð Technical
Feasibility
o Apakah
teknologi sudah tersedia?
o Apakah
teknologi yang digunakan dapat terintegrasi dengan teknologi yang sudah ada?
o Apakah
system yang sudah ada dapat dikonversi ke teknologi baru?
o Apakah
organisasi memiliki orang yang menguasai teknologi baru ini?
ð Human
Factors Feasibility
o Menilai
§ Karyawan,
pelanggan, pemasok
§ Manajemen
pendukung
§ Orang
yang tepat untuk peran baru dan berbagai revisi.
ð Legal/political
Feasibility
o Menilai
§ Kemungkinan
paten atau hak cipta pelanggaran
§ Lisensi
software untuk pengembangan
§ Perubahan
struktur pelaporan yang ada.
SYSTEM
ANALYST
System analyst merupakan orang yang menganalisis system
(Mempelajari masalah-masalah yang timbul & menentukan kebutuhan pemakai
sistem) untuk pengidentifikasian pemecahan yang beralasan.
Study Organisasi System Analyst termasuk :
-
Struktur Manajement è
System analyst harus mengetahui
bagaimana Struktur Manajemen sebuah perusahaan dahulu untuk menentukan System
informasi apa yang perlu diapakai, dan yang tidak perlu dipakai.
-
Orang (People) è
Seorang System Analyst disini harus mengetahui kemampuan (Terutama dalam bidang
IT) per-orang. Karena tidak mungkin seorang system analyst membuat aplikasi
yang begitu besar, namun untuk kalangan orang yang sangat minim pengetahuannya
tentang teknologi informasi.
-
Kegiatan usaha è System analyst harus paham dan mengerti usaha
apa yang sedang dijalankan oleh perusahaan atau organisasi agar tidak salah
member System Informasi.
-
System lingkungan è
Factor lingkungan merupakan yang paling penting dalam penganalisisan system. System
informasi yang baik yaitu system yang dijalankan pada lingkungan yang tepat dan
mendukung.
-
System informasi saat ini è Faktor
ke-kinian juga merupakan factor yang penting untuk system analyst dalam
menentukan SI. Karena pada zaman seperti ini System Informasi merupakan System
yang paling pesat kemajuannya.
o Input,
proses,output
o Penyimpanan
o Control
SYSTEM
DESIGN
System Design atau desain system
beraktivitas dengan menghasilkan alur proses da data dari system aplikasi.
Dimana aktivitas ini akan menghasilkan DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (Entity
Relationship Diagram).
Data Flow Diagram (DFD) menggambarkan beberapa atribut dan
proses dangan bentuk yang berbeda-beda. Lihat gambar :
Entity Relationship Diagram (ERD) dibagi lagi menjadi CDM dan
PDM.
SYSTEM
IMPLEMENTATION
Akuisi
·
Bagaimana kita mengevaluasi dan memilih?
·
Perusahaan dapat meminta pemasok untuk
mempresentasikan tawaran dan usulan
·
Nilai produk yang mungkin berbeda.
o
Mungkin memerlukan Bukti Konsep
o
Mungkin memerlukan tes benchmark
o
Simulasikan pengolahan tugas dan mengevaluasi kinerja
Software Development
·
Waterfall
Method è Yaitu metode implementasi dengan
cara setelah proses selesai semua barulah di tunjukkan kepada user yang
memakai.
·
Prototyping
è Yaitu metode implementasi secara
bertahap, buat sedikit kemudian diserahkan kepada user, apabila user sudah
mengatakan baik maka proses akan diteruskan, apabila tidak maka proses akan
diperbaiki dan ditambah fitur.
·
Throw-away
Prototyping è
Hampir sama dengan Prototyping
·
Xtreme
Programming è
Yaitu metode implementasi dengan cara coding langsung di depan user. Dalam hal
ini biasanya ada 2 proggrammer. 1 programmer untuk melakukan coding, dan 1 lagi
untuk memikirkan dan melihat code.
Software
Testing
·
Testing
dan debug software
·
Testing
performa website
·
Testing
hardware baru
·
Review
of prototypes of display, reports and other output.
Type
of software testing
·
Alpha
and beta testing
·
Pilot
testing è
Mengambil modul-modul lalu menguji (Sebagian)
·
White
box testing è
Sambil memeriksa source code sambil menguji
·
Black
box testing è
Hanya tergantung kepada system Input dan Output
·
Function
/ validation testing è
Hanya tergantung pada fungsi
·
Regression
testing
·
Parallel
testing è
Testing dengan menjalankan system lama dengan system baru secara bersamaan.
·
Sociability
testing è
Membuat program dengan testing secara penuh apakah program tersebut dapat
diinstall di berbagai hardware/software atau tidak.
Conversion
System yang paling baik dari semua
system diatas adalah : PHASED
Karena
system ini menghapus system lama secara pelan-pelan dengan diganti dengan
system baru. Lalu pada akhirnya system baru inilah yang akan beroperasi secara
penuh dan system lama lama-kelamaan akan menghilang, bukan karena dihapus
tetapi karena telah tergantikan dengan system yang baru.
SYSTEM
MAINTENANCE
Disini
terdapat beberapa system yaitu :
·
Korektif : Memperbaiki bug dan kesalahan logis.
·
Adaptif
: Menambahkan fungsi baru untuk mengakomodasi perubahan dalam bisnis atau
lingkungan.
·
Perfektif
: Meningkatkan kinerja.
·
Pencegahan
: mengurangi kemungkinan kegagalan
PERTEMUAN
9
ENTERPRISE
IT MANAGEMENT
Enterprise IT
Management secara keseluruhan mencakup :
-
Tata kelola TI è
aktifitas dimana akan mengatur agar teknologi informasi (TI) sesuai dan selesai
serta mendukung pencapaian tujuan bisnis.
·
Tata kelola IT menanggung business dan IT
Strategy dan dikelola oleh DIREKSI.
-
Manajemen IT è aktifitas untuk mengatur pengembangan teknis dan operasional.
Pengembangan teknis disini termasuk membuat program dan implementasi jaringan.
·
Manajemen IT dikelola oleh MANAGER IT.
Mengelola
Teknologi Informasi
-
Mengelola pengembangan bersama dan pelaksanaan bisnis
dan strategi IT
-
Mengelola pengembangan dan pelaksanaan bisnis baru atau
aplikasi IT dan teknologi
-
Mengelola organisasi TI dan infrastruktur TI.
Komponen
bisnis /perencanaan TI
-
Strategi pembangunan
o Strategi
pembangunan dengan cara mengembangkan strategi bisnis yang mendukung visi atau
tujuan perusahaan
-
Manajemen sumber daya
o Mengembangkan
rencana strategis untuk mengelola atau outsourcing TI perusahaan, terutama yang
menyangkut tentang sumber daya.
-
Teknologi arsitektur
o Arsitektur
IT membuat pilihan strategis IT yang mencerminkan arsitektur teknologi
informasi yang dirancang untuk mendukung bisnis perusahaan.
Pengorganisasian
IT
-
Awal tahun :
sentralisasi komputasi dengan mainframe besar
-
Berikutnya :
perampingan style tren dengan kembali ke desentralisasi
-
Sekarang :
konrol terpusat untuk manajemen IT.
Pengembangan
aplikasi manajemen
Mengelola
kegiatan seperti :
·
System Analiys dan desain, prototyping, aplikasi
pemrograman, manajemen proyek, jaminan kualitas, dan pemeliharaan system untuk
semua bisnis utama atau TI proyek-proyek pembangunan.
Staf
perencanaan IT
Staff perencanaan IT bertugas untuk
merekrut, pelatihan, dan mempertahankan personil-personil berkualitas System
Informasi. Penghargaan karyawan dengan kinerja yang luar biasa diwujudkan
dengan kenaikan gaji dan promosi. Menetapkan tingkat gaji dan upah
dan desain jalur karir sehingga orang bisa pindah ke pekerjaan baru melalui promosi
dan transfer seperti yang mereka
peroleh di senioritas dan
keahlian.
Eksekutif TI
ð Informasi Chief Officer (CIO)
o
Mengawasi semua penggunaan teknologi informasi di banyak perusahaan,
dan membawa mereka
ke dalam keselarasan dengan
tujuan bisnis strategis.
ð Chief Technology Officer (CTO)
o
Bertanggung jawab atas manajemen teknologi: semua teknologi informasi perencanaan dan penyebaran
o
Mengelola platform TI
Mengelola layanan pengguna
Yaitu bisnis unit
yang mengelola dan mendukung end user dan komputasi workgroup dapat dilakukan
dengan pusat-pusat informasi dan dikelola oleh sepesialis penghubung dan
pengguna.
Pertemuan 10
Global IT Manajemen
Berbeda dengan Enterprize IT manajemen. Global IT Manajemen
mencakup Manajemen secara Global/besar.
Global IT Manajemen
ð Outsourcing
(melibatkan organisasi atau perusahaan lain)
ð Globalisasi
(mengelola TI perusahaan di berbagai negara)
Offshoring
è
merupakan bagian dari outsourcing namun lebih luas.
ð Beberapa
hal yang mempengaruhi Global IT Manajement
1. Yang
sangat mempengaruhi Global IT Manajemen merupakan tantagan budaya dimana
terdapat berbagai aspek seperti di bawah ini :
-
Bahasa è
bahasa merupakan hal yang paling berpengaruh, karena bahasa merupakan
karakteristik seseorang dan negara.
-
Budaya minat
-
Agama è
misalnya apabila anda berada pada pulau jawa yang mayoritas penduduknya
beragama islam maka daging babi akan dilarang dan daging sapi diperbolehkan.
Namun apabila telah berada pada kebudayaan china maka hal tersebut berbanding
terbalik.
-
Bea cukai
-
Sikap social
-
Filsafat politik
2. Tantangan
politik
Aturan yang mengatur atau melarang transfer data melintasi batas-batas nasional.
Sangat dibatasi, pajak, atau dilarang impor perangkat keras dan perangkat lunak.
Undang-undang konten lokal yang menentukan bagian dari nilai dari suatu produk yang harus ditambahkan di negara itu jika akan dijual di sana.
Perjanjian perdagangan timbal balik yang membutuhkan sebuah bisnis untuk menghabiskan sebagian dari pendapatan yang mereka peroleh di negara di perekonomian yang bangsa.
Sangat dibatasi, pajak, atau dilarang impor perangkat keras dan perangkat lunak.
Undang-undang konten lokal yang menentukan bagian dari nilai dari suatu produk yang harus ditambahkan di negara itu jika akan dijual di sana.
Perjanjian perdagangan timbal balik yang membutuhkan sebuah bisnis untuk menghabiskan sebagian dari pendapatan yang mereka peroleh di negara di perekonomian yang bangsa.
3.
Tantangan geoekonomic
Sulit
mendapatkan layan berkualitas baik telepo dan komunikasi. Dan perbedaan dalam
biaya hidup dan biaya tenaga kerja.
Permintaan IT Global
Permintaan dari IT global tidaklah jauh dari Mengelola perangkat keras,
perangkat lunak, sumber data, jaringan
telekomunikasi, dan fasilitas komputasi yang mendukung operasi bisnis global.
Internet sebagai Platform TI Global
Teknologi bebas dari berbagai
batas-batas internasional tradisional
dan batas-batas platform yang memperluas
pasar, mengurangi komunikasi dan biaya distribusi, dan meningkatkan margin keuntungan tanpa pengeluaran biaya besar untuk telekomunikasi.
Strategi
pengembangan system Global
-
Transform aplikasi yang digunakan oleh kantor ke aplikasi
global
-
Sistem yang digunakan oleh anak perusahaan yang memiliki
versi terbaik dari aplikasi akan dipilih
untuk penggunaan global
-
Membentuk tim pengembangan multinasional dengan orang-orang kunci dari beberapa anak perusahaan untuk memastikan
bahwa desain sistem memenuhi
kebutuhan situs lokal
serta kantor pusat perusahaan
-
Pembangunan Paralel - bagian dari sistem ditugaskan untuk anak perusahaan yang berbeda dan kantor pusat untuk mengembangkan pada waktu yang sama berdasarkan keahlian
dan pengalaman pada setiap situs
-
Center of Excellence - seluruh sistem
dapat diberikan untuk pembangunan
sebuah anak perusahaan tertentu
berdasarkan keahlian mereka dalam
bisnis atau dimensi teknis yang
dibutuhkan untuk keberhasilan pengembangan
-
Pembangunan lepas pantai - outsourcing pekerjaan pengembangan
untuk sebuah perusahaan pembangunan
global.
Dalam
strategi Global IT Manajement juga disebutkan adalah : Strategy mengejar matahari
Dimana
contohnya adalah : perusahaan Apple (sebut saja) berada di belahan bumi
Amerika. Pada sisi lain bumi sebut saja (India) merupakan kebalikan dari
Amerika, jadi apabila Amerika siang hari, maka India malam hari. Hal tersebut
dimanfaatkan oleh perusahaan ini untuk mengejar target bisnisnya. Mereka
mempekerjakan orang-orang di Amerika pada waktu siang hari (Di Amerika) dan
pada waktu malam hari (Di Amerika) seluruh pekerjaan dipindah tangankan kepada
India (dimana India pada waktu itu siang hari). Begitu seterusnya.
Pertemuan
11
Computer
Impacts
(Dampak
komputer)
Setelah membahas tentang kegunaa,
dan keuntungan computer. Maka bab ini akan membahas tentang dapak dari computer
dimana cenderung pada yang negative.
è
limbah computer dan kesalahan
·
Limbah computer :
o
Penggunaan computer dan sumber daya yang
tidak pantas.
o
Kesalahan yang berkaitan dengan computer
o
Kesalahan, kegagalan dan masalah
computer lainnya yang membuat output computer menjadi salah dan tidak berguna.
o
Sayangnya hal yang demikian ini adalah
karena kesalahan manusia.
limbah
computer
·
Penyebab : manajemen yang tidak tepat
dari system informasi dan sumber daya
o
Membuang perangkat lunak dan system
computer yang lama ketika mereka masih memiliki nilai / membuang system
computer yang sebenarnya masi dianggap perlu.
o
Membangun dan memelihara system yang
complex yang tidak pernah mereka gunakan sebelumnya.
o
Menggunakan waktu perusahaan dan
teknologi untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk kegiatan perusahaan. Hal ini
akan menambah limbah computer di perusahaan.
Kesalahan
computer
o
Penyebab umum : kegagalan oleh pengguna
yang tidak mengikuti prosedur yang tepat. Kurangnya umpan balik. Dan program
pembangunan yang mengandung kesalahan. Serta salah entry oleh data entry.
Mencegah Komputer-Terkait Limbah dan
Kesalahan
·
Kebijakan dan prosedur yang efektif harus:
-
Didirikan
-
Diimplementasikan
-
Monitoring
-
Diulas
Computer
crime
·
Sering kali tidak terdeteksi è kejahatan
menggunakan computer memang sangat sulit terdeteksi, pencurian file, software,
terjadi secara mulus tanpa ada kekerasan dan bukti.
·
Jumlah yang dicuri dapat diselewengkan
secara besar è
apabila pencurian yang dilakukan menyangkut perusahaan dan merupakan rahasia
terbesar perusahaan. Maka di tanggan yang salah, rahasia itu akan sama sekali
tidak aman.
·
Kejahatan adalah bersih, tanpa kekerasan è kejahatan
dilakukan dengan bersih, hanya mengcopy file atau apapun. Tidak perlu adanya
kekerasan.
·
Jumlah TI terkait insiden keamanan
meningkat secara dramatis
·
Kejahatan computer sekarang global è parahnya
kejahatan melalui computer sekarang menglobal. Banyak para hacker dan cracker
bermunculan untuk mengacaukan system.
Cyber
terorisme
Cyberterrorist: mengintimidasi atau
memaksa pemerintah atau organisasi untuk memajukan tujuan politik atau sosial-nya dengan meluncurkan komputer berbasis serangan terhadap komputer, jaringan, dan informasi yang
disimpan pada mereka
Homeland Security Departemen Analisis Informasi dan Infrastruktur Direktorat Perlindungan
Berfungsi sebagai focal point pemerintah untuk memerangi cyberterrorism.
Homeland Security Departemen Analisis Informasi dan Infrastruktur Direktorat Perlindungan
Berfungsi sebagai focal point pemerintah untuk memerangi cyberterrorism.
Misalkan
: Afrika ingin memiliki bisnis “kaskus” yang terdapat di Indonesia, lalu
kemudian ia mengirimkan virus ke computer berbagai Negara misalnya : Singapura,
Malaysia, Inggris. Mereka yang bersangkutan tidak mengetahui dan tidak
menyadari. Lalu kemudian computer yang terserang virus dari Afrika tersebut
disebut dengan “zombie” dan apabila “kaskus” tidak menyerahkan bisnisnya tersebut
kepada Afrika, maka Afrika akan menggerakkan seluruh virus yang terdapat di
Singapura, Malaysia, Inggris untuk menyerang computer server kaskus.
Pencurian
identisas
Pencurian identitas dengan
menggunakan computer sangat mudah
Misalnya
: situs klikBCA dahulu pernah dibajak oleh seseorang dan diberi nama yang
hampir sama yaitu clickBCA. Dengan design tampilan yang sangat mirip, sehingga
para pengguna bank BCA kerap sekali tertipu olah website yang satu ini. Dan
nasabah yang telah tertipu dan melakukan login disini akan dikuras tabungannya
oleh pemilik website. Karena nasabah secara tidak sadar telah memberikan ID dan
Password pada orang yang salah, dan dapat dipergunakan untuk hal yang kurang
baik.
Illegal
akses dan penggunaan
ð Hacker:
belajar tentang dan menggunakan sistem computer. Hacker menciptakan
aplikasi-aplikasi untuk meng-hack computer.
ð Pidana
hacker (juga disebut cracker): penggunaan yang tidak sah keuntungan atau akses
ilegal ke sistem computer è
lebih buruk daripada hacker.
ð Script
kelinci: mengotomatiskan pekerjaan hacker. Dia menggunakan aplikasi-aplikasi
yang telah ada dan yang telah diciptakan oleh hacker.
ð Insider:
karyawan yang terdiri dari sistem perusahaan.
ð Malware:
program perangkat lunak yang menghancurkan atau merusak pengolahan.
ð Virus:
file program yang mampu melampirkan ke disk atau file lain dan mereplikasi
dirinya sendiri berulang kali. Virus tidak dapat menyebar dengan sendirinya,
penyebarannya sendiri perlu dibantu oleh pengguna computer, maka dari itu virus
perlu diwaspadai.
ð Worm:
program komputer parasit yang dapat membuat salinan dari dirinya sendiri pada
komputer yang terinfeksi atau mengirim salinan ke komputer lain melalui
jaringan.
ð Trojan horse:
program yang muncul untuk menjadi berguna, tetapi sengaja tidak pengguna tidak
mengharapkan sesuatu.
ð Logika Bom:
jenis Trojan horse yang mengeksekusi ketika kondisi tertentu terjadi.
ð Varian: versi
modifikasi dari virus yang dihasilkan oleh penulis virus atau orang lain.
Maraknya
kerugian akan computer di atas untungya ada solusinya, yaitu seperti berikut:
Menggunakan Perangkat Lunak Intrusion
Detection
è
Sistem deteksi intrusi (IDS)
·
Memonitor sistem dan sumber daya jaringan
·
Memberitahukan personil keamanan
jaringan ketika indra intrusi
mungkin, seperti:
* Berulang upaya logon gagal è logon gagal berulang kali akan sangat mencurigakan, mungin ada yang berusaha masuk melalui id orang lain dan mencoba-coba password,dll. Hal ini harus diantisipasi oleh system.
* Berulang upaya logon gagal è logon gagal berulang kali akan sangat mencurigakan, mungin ada yang berusaha masuk melalui id orang lain dan mencoba-coba password,dll. Hal ini harus diantisipasi oleh system.
* Upaya untuk men-download sebuah program untuk server è download sebuah program tidak boleh melalui server. Agar server tetap dalam keadaan bersih dan tak terganggu aktifitasnya.
* Akses ke sistem pada jam biasa è misalkan ada yang mencoba akses internet pada jam selain jam kerja, dan jam-jam yang telah ditentukan. Maka akan sangat mencurigakan.
* Dapat memberikan alarm palsu
* E-mail atau suara peringatan pesan mungkin terlewatkan
Menggunakan Penyedia
Managed
Service Keamanan (MSSPs)
Keamanan dikelola
penyedia
layanan (MSSP):
organisasi yang memantau,
mengelola,
dan memelihara keamanan jaringan
untuk kedua hardware dan software untuk
perusahaan-perusahaan klien
è Menyaring melalui alarm dan peringatan dari semua sistem pemantauan
è Dapat menyediakan pemindaian, memblokir, dan penyaringan kemampuan
è Berguna untuk perusahaan kecil dan menengah
è Menyaring melalui alarm dan peringatan dari semua sistem pemantauan
è Dapat menyediakan pemindaian, memblokir, dan penyaringan kemampuan
è Berguna untuk perusahaan kecil dan menengah
Mencegah kejahatan di
Internet
·
Mengembangkan
penggunaan Internet yang efektif
dan kebijakan
keamanan
·
Gunakan
firewall yang berdiri sendiri
dengan
kemampuan monitoring jaringan
·
Menyebarkan
sistem deteksi
intrusi, memonitor
mereka,
dan menindaklanjuti alarm
mereka
·
Memantau
manajer dan karyawan
menggunakan internet
·
Gunakan
spesialis keamanan Internet
untuk
melakukan audit terhadap semua kegiatan
internet dan jaringan.
Masalah privacy
ð Dengan
sistem informasi, penawaran privasi dengan pengumpulan dan penggunaan atau
penyalahgunaan data
ð Informasi
lebih lanjut dan lebih lanjut tentang kita semua sedang dikumpulkan, disimpan,
digunakan, dan berbagi di antara organisasi
ð Siapa
yang memiliki informasi dan pengetahuan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar