Rabu, 28 Desember 2011

konsep system informasi


                                                             

Nama    : Reza Amalia Priyantina
MatKul : Konsep Sistem Informasi
Nim      : 10410100110
Kelas    : P1




SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER SURABAYA
PERTEMUAN 6
DECISION SUPPORT SYSTEMS
(System Pendukung Keputusan)

Definisi dari Decision Support System (DSS) sangatlah banyak, banyak para ahli yang mengemukaan pendapatnya tentang definisi DSS itu sendiri. Namun dari sekian banyak definisi yan telah dikemukakan, pada intinya mereka adalah sama, yaitu :
“suatu sistem komputer yang berguna bagi para pengambil keputusan untuk memecahkan masalah mereka yang kurang lebih berhadapan dengan masalah non-struktur atau semi-struktur”.
Tujuan
Decision Support System mempunyai tujuan, antara lain yaitu :
1.      Membantu manager membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi struktur.
2.      Mendukung penilaian manager bukan mencoba menggantikannya.
3.      Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan seorang manager daripada efisiensinya.
Tahap-Tahap DSS
Tahap dalam pengambilan keputusan antara lain :
1.      Kegiatan Intelijen
2.      Kegiatan Merancang
3.      Kegiatan Memilih dan Menelah
Kegiatan Intelijen merupakan kegiatan mengamati lingkungan untuk mengetahui dan menyimpulkan kondisi-kondisi yang perlu diperbarui. Kegiatan ini merupakan tahapan dalam pengembangan cara berfikir. Untuk melakukan kegiatan intelijen ini diperlukan sebuah system informasi dimana informasi yang dibutuhkan ini didapatkan melalui kondisi internal maupun eksternal sehingga seorang manager dapat mengambil keputusan yang tepat.
Kegiatan merancang merupakan sebuah kegiatan untuk menemukan, mengembangkan dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang mungkin untuk dilakukan. Tahap perancangan ini meliputi pengembangan dan mengevaluasi serangkaian kegiatan alternatif. Pertimbangan-pertimbangan utama telah diperkenalkan oleh Simon untuk melakukan tahapan ini, apakah situasi keputusan ini terprogram atau tidak.
Sedangkan kegiatan memilih dan menelaah ini digunakan untuk memilih satu rangkaian tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia dan melakukan penilaian terhadap tindakan yang telah dipilih.

            Jenis-Jenis DSS
            Jenis DSS menurut tingkat kerumitan dan tingkat dukungan pemecahan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.      Mengambil elemen-elemen informasi
2.      Menganalisis seluruh file
3.      Menyiapkan laporan dari berbagai file
4.      Memperkirakan akibat keputusan
5.      Mengusulkan keputusan
6.      Membuat keputusan

Penggunaan DSS dalam suatu instansi perusahaan
Mengapa DSS digunakan dalam perusahaan ?
1.      Perusahaan beroperasi pada ekonomi yang tidak stabil
2.      Perusahaan dihadapkan dalam kompetisi dalam dan luar negri yang meningkat
3.      Perusahaan menghadapi peningkatan kesulitan dalam hal melacak jumlah operasi-operasi bisnis.
4.      System computer perusahaan tidak mendukung peningkatan tujuan perusahaan dalam hal efisiensi, profitabilitas dan mencari jalan masuk di pasar yang benar-benar menguntungkan.

Decision Structure
1.      Structured
ð  Situasi di mana prosedur yang mengikuti ketika keputusan yang dibutuhkan dapat ditentukan di muka
2.      Semi Structured
ð  Keputusan prosedur yang dapat ditetapkan sebelumnya, tetapi tidak cukup untuk menghasilkan keputusan yang pasti direkomendasikan
3.      Unstructured
ð  Keputusan situasi di mana tidak posible untuk menentukan di muka sebagian besar keputusan prosedures untuk diikuti

Level Manajemen :
1.      Manajemen tingkat rendah
Keputusan- keputusan tersruktur è keputusan berdasarkan prosedur dan data yang telah didefinisikan sebelumnya. (sudah ada standartnya)
Misalnya : pada waktu libur puasa dan lebaran, pabrik makan meningkatkan 20% produksinya karena berdasarkan data history perusahaan yang meningkat pada masa-masa tersebut.
2.      Manajemen tingkat tengah
Keputusan semi terstruktur è keputusan berdasarkan data yang ada dan hasil analisa.
3.      Manajemen tingkat tinggi
Keputusan lebih kepada hasil analisa. Informasi akan berubah- ubah sesuai dengan keputusan (unschedule).

BUSINESS INTELLIGENCE
Merujuk kepada teknik-teknik berbasis computer dalam mencari , mengeluarkan dan menganalisa data bisnis, seperti keuntungan penjualan produk atau divisi.

Business Inteligence Aplication
ð  MIS (Management Information System)
ð  DSS : Decision Support System
ð  OLAP : On Line Analytical Processing
ð  Data Mining
ð  EIS (Executive Information System)
ð  EIP (Enterprise Interface Portals)
Contoh untuk Decission Making Levels
-          Strategic Manajement (direksi) è meningkatkan sales diatas 20%
-          Techtical manajement (Manager)è
§  Marketing :
·         - menambah budget iklan
·         - menambah salesman
·         - memperluas area penjualan
§  Pabrik
·         Menabah satu set mesin produksi
·         Meningkatkan proses produksi
·         Meminimalisir produk gagal
-          Operasional manajement




Pertemuan 7
Spesialis Information Systems
Spesialis Sistem Informasi
Artificial Intelligence (AI) adalah Kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitasbuatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Domain dari AI ada 3, yaitu cognitive science, robotic, dan natural interfaces. Robotics
Robot berasal dari kata Robota, dari bahasa Chekoslavia yang berarti tenaga kerja. kata ini digunakan oleh dramawan Karel Capek pada tahun 1920 pada sandiwara fiksinya, yaitu R.U.R (Rossum’s Universal Robots).

Robot adalah suatu mesin yang dapat diarahkan untuk mengerjakan bermacam-macam tugas tanpa campur tangan lagi dari manusia.

        Pengertian dari specialized IS ini adalah suatu kecerdasan buatan ,yang dimana Sebuah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi itu berdasarkan disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, linguistik, matematika, dan rekayasa. Tujuan penggunaannya adalah untuk mengembangkan komputer yang dapat mensimulasikan kemampuan untuk berpikir, serta melihat, berjalan,berbicara, mendengar, dan merasakan.
• sistem pakar, jaringan saraf, logika fuzzy
• pengenalan pola
• robot
• pengolahan bahasa alami, pengenalan suara.

Expert System, Istilah expert system berasal dari knowledge-based expert system (sistim cerdas berbasis pengetahuan), dimana suatu sistem yang menggunakan pengetahuan manusia (human knowledge) yang dimasukkan ke dalam komputer untuk memecahkan masalah yang umumnya memerlukan keahlian seorang pakar/expert. Atau dapat juga dikatakan, sebuah program komputer yang menggunakan pengetahuan dan teknik inferensi (pengambilan kesimpulan) untuk memecahkan persoalan seperti yang dilakukan oleh seorang pakar.
Keunggulan :
Kemampuan menghimpun data dalam jumlah yang sangat besar.
Kemampuan menyimpan data tersebut untuk jangka waktu yang panjang dalam suatu bentuk yang tertentu.
Kemampuan mengerjakan perhitungan secara tepat dan tepat dan mampu mencari kembali data yang tersimpan dengan kecepatan tinggi.
Kekurangan:
Sistem pakar hanya dapat menangani pengetahuan yang konsisten. Untuk pengetahuan yang cepat berubah-rubah dari waktu ke waktu, maka knowledge base di sistem pakar harus selalu diubah.

        Atribut Perilaku Intelijen di dalam specialized information system ,ini adalah : Berpikir dan mempunyai alasan , Gunakan alasan untuk memecahkan masalah, Belajar atau memahami dari pengalaman Mendapatkan dan menerapkan pengetahuan, Menunjukkan kreativitas dan imajinasi. Menghadapi situasi yang kompleks atau membingungkan, Merespon dengan cepat dan berhasil untuk situasi baru, Mengenali pentingnya relatif dari unsur-unsur dalam situasi, Menangani informasi yang ambigu, tidak lengkap, atau keliru.
       Cognitive Science ini adalah Berbasis di biologi, neurologi, psikologi, dll. Dia juga Berfokus pada meneliti bagaimana otak manusia bekerja dan bagaimana manusia berpikir dan belajar.  Sedangkan Expert System atau Sistem pakar yakni Sebuah pengetahuan sistem informasi berbasis (KBIS) yang menggunakan pengetahuan tentang aplikasi, khusus kompleks untuk bertindak sebagai konsultan ahli untuk pengguna akhir, KBIS adalah sistem yang menambahkan basis pengetahuan ke komponen lain pada IS. Manfaatnya : Lebih cepat dan lebih konsisten daripada ahli, Dapat memiliki pengetahuan dari beberapa ahli, Tidak mendapatkan lelah atau terganggu oleh terlalu banyak pekerjaan atau stres, Membantu melestarikan dan mereproduksi pengetahuan para ahli. Keterbatasannya yakni : terbatas fokus, Ketidakmampuan untuk belajar, pemeliharaan masalah, pembangunan biaya, Hanya dapat memecahkan tipe tertentu dari masalah dalam domain yang terbatas pengetahuan. Pelaksanaannya : Kredit / Mortgage Keputusan Sistem Pakar, Ahli Medis Sistem, Teknisi Komputer Sistem Pakar.
         Untuk Jaringan syarafnya ,Sistem komputasi model setelah mesh seperti jaringan otak pengolahan unsur saling berhubungan, yang disebut neuron, Saling prosesor beroperasi secara paralel dan berinteraksi satu sama lain, Memungkinkan jaringan untuk belajar dari data itu proses, Metode penalaran yang menyerupai penalaran manusia, Memungkinkan untuk nilai perkiraan dan kesimpulan dan data tidak lengkap atau ambigu bukan mengandalkan hanya pada data yang renyah, Menggunakan istilah-istilah seperti "sangat tinggi" daripada tindakan yang tepat. Sebagai implementasinya yakni dengan Aplikasi Peramalan Ekonomi, Tulisan Tangan Pengakuan Gadget, Sidik Jari Pengakuan untuk Security Device.
        Pola Pengakuan(Pattern Recognition) dibidang dalam pembelajaran mesin dan dapat diartikan sebagai "tindakan mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan klasifikasi data-data, penentuan obyek fisik atau peristiwa ke dalam satu atau beberapa kategori, pengakuan otomatis bentuk, sifat, situasi, kondisi, pengaturan tanpa partisipasi aktif manusia dalam proses terminasi.



Pertemuan 8
Business Solution Development
(Pengembangan Solusi Bisnis)
System Development Life Cycle (SDLC)

SDLC
Aktivitas
Output
System Investigation
System Analyst
Requirement Analyst
Untuk mencari kebutuhan baris yang harus dipenuhi melalui system aplikasi.
*BRD : Business Requirement Definition.
*FSD : Fungctional Spec Document
System Design
Desain System
Merancang alur proses & data dari system aplikasi.
*DFD : Data Flow Diagram
*ERD : Entity Relationship Diagram

Coding + Testing
Menuliskan proses bisnis dengan bahasa pemrograman
*Source code program
*Hasil SIT (System Integration Test)
System Implementation
Testing oleh user + installasi/deployment

*Hasil UAT
System Maintenance

*Memperbaiki Bab/Error
*Menambah Fitur Program agar tetap bisa memenuhi kebutuhan user


Penjelasan gambar diatas akan diuraikan pada uraian di bawah ini :
System Investigasi akan menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :
1.      Apakah kita memiliki peluang bisnis?
2.      Apa prioritas bisnis kita?
3.      Bagaimana teknologi informasi memberikan solusi system informasi yang menangani prioritas bisnis kita?
Feasibility Study
Sebuah study awal dimana :
-          Informasi kebutuhan calon pengguna
-          Persyaratan sumber daya, biaya, manfaat
-          Dan kelayakan dari proyek yang diusulkan ditentukan.
Feasibility Categories
ð  Operasional Feasibility :
·         Aspek Teknis
o   Apakah system dapat memenuhi tujuan organisasi untuk mendapat informasi yang dibutuhkan?
o   Apakah system dapat diorganisasikan untuk menghasilkan informasi pada saat yang tepat untuk setiap orang yang membutuhkan?
·         Aspek psikologis penerimaan oleh orang-orang yang terlibat di dalam organisasi
o   Apakah system yang baru memerlukan restrukturisasi organisasi dan bagaimana akibat strukturisasi ini terhadap orang-orang yang ada diorganisasi?
o   Apakah diperlukan pelatihan atau latihan ulang?
o   Apakah personil didalam organisasi dapat memenuhi criteria untuk system yang baru?
ð  Economic Feasibility
o   Kelayakan ekonomi berhubungan dengan return on investment atau beberapa lama biaya investigasi yang kembali
o   Apakah bermanfaat melakukan investigasi ke proyek ini atau harus melakukan sesuatu yang lain?
o   Pada suatu proyek yang besar biasanya lebih ditekankan pada kelayakan ekonomi karena umumnya berhubungan dengan biaya yang lebih besar
o   Untuk menganalisa kelayakan ekonomi menggunakan analisa biaya.
ð  Technical Feasibility
o   Apakah teknologi sudah tersedia?
o   Apakah teknologi yang digunakan dapat terintegrasi dengan teknologi yang sudah ada?
o   Apakah system yang sudah ada dapat dikonversi ke teknologi baru?
o   Apakah organisasi memiliki orang yang menguasai teknologi baru ini?
ð  Human Factors Feasibility
o   Menilai
§  Karyawan, pelanggan, pemasok
§  Manajemen pendukung
§  Orang yang tepat untuk peran baru dan berbagai revisi.
ð  Legal/political Feasibility
o   Menilai
§  Kemungkinan paten atau hak cipta pelanggaran
§  Lisensi software untuk pengembangan
§  Perubahan struktur pelaporan yang ada.
SYSTEM ANALYST
System analyst merupakan orang yang menganalisis system (Mempelajari masalah-masalah yang timbul & menentukan kebutuhan pemakai sistem) untuk pengidentifikasian pemecahan yang beralasan.
Study Organisasi System Analyst termasuk :
-          Struktur Manajement              è  System analyst harus mengetahui bagaimana Struktur Manajemen sebuah perusahaan dahulu untuk menentukan System informasi apa yang perlu diapakai, dan yang tidak perlu dipakai.

-          Orang (People)                        è Seorang System Analyst disini harus mengetahui kemampuan (Terutama dalam bidang IT) per-orang. Karena tidak mungkin seorang system analyst membuat aplikasi yang begitu besar, namun untuk kalangan orang yang sangat minim pengetahuannya tentang teknologi informasi.

-          Kegiatan usaha                        è  System analyst harus paham dan mengerti usaha apa yang sedang dijalankan oleh perusahaan atau organisasi agar tidak salah member System Informasi.

-          System lingkungan                  è Factor lingkungan merupakan yang paling penting dalam penganalisisan system. System informasi yang baik yaitu system yang dijalankan pada lingkungan yang tepat dan mendukung.

-          System informasi saat ini        è  Faktor ke-kinian juga merupakan factor yang penting untuk system analyst dalam menentukan SI. Karena pada zaman seperti ini System Informasi merupakan System yang paling pesat kemajuannya.
o   Input, proses,output
o   Penyimpanan
o   Control
SYSTEM DESIGN
            System Design atau desain system beraktivitas dengan menghasilkan alur proses da data dari system aplikasi. Dimana aktivitas ini akan menghasilkan DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (Entity Relationship Diagram).
Data Flow Diagram (DFD) menggambarkan beberapa atribut dan proses dangan bentuk yang berbeda-beda. Lihat gambar :

Entity Relationship Diagram (ERD) dibagi lagi menjadi CDM dan PDM.

SYSTEM IMPLEMENTATION
Akuisi
·         Bagaimana kita mengevaluasi dan memilih?
·         Perusahaan dapat meminta pemasok untuk mempresentasikan tawaran dan usulan
·         Nilai produk yang mungkin berbeda.
o   Mungkin memerlukan Bukti Konsep
o   Mungkin memerlukan tes benchmark
o   Simulasikan pengolahan tugas dan mengevaluasi kinerja
Software Development
·         Waterfall Method                   è Yaitu metode implementasi dengan cara setelah proses selesai semua barulah di tunjukkan kepada user yang memakai.
·         Prototyping                             è Yaitu metode implementasi secara bertahap, buat sedikit kemudian diserahkan kepada user, apabila user sudah mengatakan baik maka proses akan diteruskan, apabila tidak maka proses akan diperbaiki dan ditambah fitur.
·         Throw-away Prototyping        è Hampir sama dengan Prototyping
·         Xtreme Programming              è Yaitu metode implementasi dengan cara coding langsung di depan user. Dalam hal ini biasanya ada 2 proggrammer. 1 programmer untuk melakukan coding, dan 1 lagi untuk memikirkan dan melihat code.
Software Testing
·         Testing dan debug software
·         Testing performa website
·         Testing hardware baru
·         Review of prototypes of display, reports and other output.
Type of software testing
·         Alpha and beta testing
·         Pilot testing                             è Mengambil modul-modul lalu menguji (Sebagian)
·         White box testing                    è Sambil memeriksa source code sambil menguji
·         Black box testing                    è Hanya tergantung kepada system Input dan Output
·         Function / validation testing   è Hanya tergantung pada fungsi
·         Regression testing
·         Parallel testing                         è Testing dengan menjalankan system lama dengan system baru secara bersamaan.
·         Sociability testing                   è Membuat program dengan testing secara penuh apakah program tersebut dapat diinstall di berbagai hardware/software atau tidak.

Conversion
obr43559_1026
            System yang paling baik dari semua system diatas adalah : PHASED
Karena system ini menghapus system lama secara pelan-pelan dengan diganti dengan system baru. Lalu pada akhirnya system baru inilah yang akan beroperasi secara penuh dan system lama lama-kelamaan akan menghilang, bukan karena dihapus tetapi karena telah tergantikan dengan system yang baru.

SYSTEM MAINTENANCE
Disini terdapat beberapa system yaitu :
·         Korektif           : Memperbaiki bug dan kesalahan logis.
·         Adaptif           : Menambahkan fungsi baru untuk mengakomodasi perubahan dalam bisnis atau lingkungan.
·         Perfektif          : Meningkatkan kinerja.
·         Pencegahan     : mengurangi kemungkinan kegagalan



PERTEMUAN 9
ENTERPRISE IT MANAGEMENT

Enterprise IT Management secara keseluruhan mencakup :
-          Tata kelola TI  è aktifitas dimana akan mengatur agar teknologi informasi (TI) sesuai dan selesai serta mendukung pencapaian tujuan bisnis.
·         Tata kelola IT menanggung business dan IT Strategy dan dikelola oleh DIREKSI.
-          Manajemen IT è  aktifitas untuk mengatur  pengembangan teknis dan operasional. Pengembangan teknis disini termasuk membuat program dan implementasi jaringan.
·         Manajemen IT dikelola oleh MANAGER IT.
Mengelola Teknologi  Informasi
-          Mengelola pengembangan bersama dan pelaksanaan bisnis dan strategi IT
-          Mengelola pengembangan dan pelaksanaan bisnis baru atau aplikasi IT dan teknologi
-          Mengelola organisasi TI dan infrastruktur TI.
Komponen bisnis /perencanaan TI
-          Strategi pembangunan
o   Strategi pembangunan dengan cara mengembangkan strategi bisnis yang mendukung visi atau tujuan perusahaan
-          Manajemen sumber daya
o   Mengembangkan rencana strategis untuk mengelola atau outsourcing TI perusahaan, terutama yang menyangkut tentang sumber daya.
-          Teknologi arsitektur
o   Arsitektur IT membuat pilihan strategis IT yang mencerminkan arsitektur teknologi informasi yang dirancang untuk mendukung bisnis perusahaan.
Pengorganisasian IT
-          Awal tahun     : sentralisasi komputasi dengan mainframe besar
-          Berikutnya      : perampingan style tren dengan kembali ke desentralisasi
-          Sekarang         : konrol terpusat untuk manajemen IT.

Pengembangan aplikasi manajemen
Mengelola kegiatan seperti :
·         System Analiys dan desain, prototyping, aplikasi pemrograman, manajemen proyek, jaminan kualitas, dan pemeliharaan system untuk semua bisnis utama atau TI proyek-proyek pembangunan.
Staf perencanaan IT
            Staff perencanaan IT bertugas untuk merekrut, pelatihan, dan mempertahankan personil-personil berkualitas System Informasi. Penghargaan karyawan dengan kinerja yang luar biasa diwujudkan dengan kenaikan gaji dan promosi. Menetapkan tingkat gaji dan upah dan desain jalur karir sehingga orang bisa pindah ke pekerjaan baru melalui promosi dan transfer seperti yang mereka peroleh di senioritas dan keahlian.
Eksekutif TI
ð  Informasi Chief Officer (CIO)
o   Mengawasi semua penggunaan teknologi informasi di banyak perusahaan, dan membawa mereka ke dalam keselarasan dengan tujuan bisnis strategis.
ð  Chief Technology Officer (CTO)
o   Bertanggung jawab atas manajemen teknologi: semua teknologi informasi perencanaan dan penyebaran
o   Mengelola platform TI
Mengelola layanan pengguna
            Yaitu bisnis unit yang mengelola dan mendukung end user dan komputasi workgroup dapat dilakukan dengan pusat-pusat informasi dan dikelola oleh sepesialis penghubung dan pengguna.




Pertemuan 10
Global IT Manajemen

Berbeda dengan Enterprize IT manajemen. Global IT Manajemen mencakup Manajemen secara Global/besar.
Global IT Manajemen
ð  Outsourcing (melibatkan organisasi atau perusahaan lain)
ð  Globalisasi (mengelola TI perusahaan di berbagai negara)
Offshoring è merupakan bagian dari outsourcing namun lebih luas.

ð  Beberapa hal yang mempengaruhi Global IT Manajement
1.      Yang sangat mempengaruhi Global IT Manajemen merupakan tantagan budaya dimana terdapat berbagai aspek seperti di bawah ini :
-          Bahasa             è bahasa merupakan hal yang paling berpengaruh, karena bahasa merupakan karakteristik seseorang dan negara.
-          Budaya minat 
-          Agama             è misalnya apabila anda berada pada pulau jawa yang mayoritas penduduknya beragama islam maka daging babi akan dilarang dan daging sapi diperbolehkan. Namun apabila telah berada pada kebudayaan china maka hal tersebut berbanding terbalik.
-          Bea cukai
-          Sikap social
-          Filsafat politik
2.      Tantangan politik
Aturan yang mengatur atau melarang transfer data melintasi batas-batas nasional.
Sangat dibatasi, pajak, atau dilarang impor perangkat keras dan perangkat lunak
.
Undang-undang konten lokal yang menentukan bagian dari nilai dari suatu produk yang harus ditambahkan di negara itu jika akan dijual di sana
.
Perjanjian perdagangan timbal balik yang membutuhkan sebuah bisnis untuk menghabiskan sebagian dari pendapatan yang mereka peroleh di negara di perekonomian yang bangsa
.
3.      Tantangan geoekonomic
Sulit mendapatkan layan berkualitas baik telepo dan komunikasi. Dan perbedaan dalam biaya hidup dan biaya tenaga kerja.
Permintaan IT Global
Permintaan dari IT global tidaklah jauh dari Mengelola perangkat keras, perangkat lunak, sumber data, jaringan telekomunikasi, dan fasilitas komputasi yang mendukung operasi bisnis global.
Internet sebagai Platform TI Global
Teknologi bebas dari berbagai batas-batas internasional tradisional dan batas-batas platform yang memperluas pasar, mengurangi komunikasi dan biaya distribusi, dan meningkatkan margin keuntungan tanpa pengeluaran biaya besar untuk telekomunikasi.
Strategi pengembangan system Global
-          Transform aplikasi yang digunakan oleh kantor ke aplikasi global
-          Sistem yang digunakan oleh anak perusahaan yang memiliki versi terbaik dari aplikasi akan dipilih untuk penggunaan global
-          Membentuk tim pengembangan multinasional dengan orang-orang kunci dari beberapa anak perusahaan untuk memastikan bahwa desain sistem memenuhi kebutuhan situs lokal serta kantor pusat perusahaan
-          Pembangunan Paralel - bagian dari sistem ditugaskan untuk anak perusahaan yang berbeda dan kantor pusat untuk mengembangkan pada waktu yang sama berdasarkan keahlian dan pengalaman pada setiap situs
-          Center of Excellence - seluruh sistem dapat diberikan untuk pembangunan sebuah anak perusahaan tertentu berdasarkan keahlian mereka dalam bisnis atau dimensi teknis yang dibutuhkan untuk keberhasilan pengembangan
-          Pembangunan lepas pantai - outsourcing pekerjaan pengembangan untuk sebuah perusahaan pembangunan global.
Dalam strategi Global IT Manajement juga disebutkan adalah : Strategy mengejar matahari
Dimana contohnya adalah : perusahaan Apple (sebut saja) berada di belahan bumi Amerika. Pada sisi lain bumi sebut saja (India) merupakan kebalikan dari Amerika, jadi apabila Amerika siang hari, maka India malam hari. Hal tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan ini untuk mengejar target bisnisnya. Mereka mempekerjakan orang-orang di Amerika pada waktu siang hari (Di Amerika) dan pada waktu malam hari (Di Amerika) seluruh pekerjaan dipindah tangankan kepada India (dimana India pada waktu itu siang hari). Begitu seterusnya.



Pertemuan 11
Computer Impacts
(Dampak komputer)

            Setelah membahas tentang kegunaa, dan keuntungan computer. Maka bab ini akan membahas tentang dapak dari computer dimana cenderung pada yang negative.
è limbah computer dan kesalahan
·         Limbah computer :
o   Penggunaan computer dan sumber daya yang tidak pantas.
o   Kesalahan yang berkaitan dengan computer
o   Kesalahan, kegagalan dan masalah computer lainnya yang membuat output computer menjadi salah dan tidak berguna.
o   Sayangnya hal yang demikian ini adalah karena kesalahan manusia.
limbah computer
·         Penyebab : manajemen yang tidak tepat dari system informasi dan sumber daya
o   Membuang perangkat lunak dan system computer yang lama ketika mereka masih memiliki nilai / membuang system computer yang sebenarnya masi dianggap perlu.
o   Membangun dan memelihara system yang complex yang tidak pernah mereka gunakan sebelumnya.
o   Menggunakan waktu perusahaan dan teknologi untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk kegiatan perusahaan. Hal ini akan menambah limbah computer di perusahaan.
Kesalahan computer
o   Penyebab umum : kegagalan oleh pengguna yang tidak mengikuti prosedur yang tepat. Kurangnya umpan balik. Dan program pembangunan yang mengandung kesalahan. Serta salah entry oleh data entry.
Mencegah Komputer-Terkait Limbah dan Kesalahan
·          Kebijakan dan prosedur yang efektif harus:
-          Didirikan
-          Diimplementasikan
-          Monitoring
-          Diulas
Computer crime
·         Sering kali tidak terdeteksi           è kejahatan menggunakan computer memang sangat sulit terdeteksi, pencurian file, software, terjadi secara mulus tanpa ada kekerasan dan bukti.
·         Jumlah yang dicuri dapat diselewengkan secara besar     è apabila pencurian yang dilakukan menyangkut perusahaan dan merupakan rahasia terbesar perusahaan. Maka di tanggan yang salah, rahasia itu akan sama sekali tidak aman.
·         Kejahatan adalah bersih, tanpa kekerasan            è kejahatan dilakukan dengan bersih, hanya mengcopy file atau apapun. Tidak perlu adanya kekerasan.
·         Jumlah TI terkait insiden keamanan meningkat secara dramatis
·         Kejahatan computer sekarang global        è parahnya kejahatan melalui computer sekarang menglobal. Banyak para hacker dan cracker bermunculan untuk mengacaukan system.
Cyber terorisme
            Cyberterrorist: mengintimidasi atau memaksa pemerintah atau organisasi untuk memajukan tujuan politik atau sosial-nya dengan meluncurkan komputer berbasis serangan terhadap komputer, jaringan, dan informasi yang disimpan pada mereka
Homeland Security Departemen Analisis Informasi dan Infrastruktur Direktorat Perlindungan
Berfungsi sebagai focal point pemerintah untuk memerangi cyberterrorism
.
Misalkan : Afrika ingin memiliki bisnis “kaskus” yang terdapat di Indonesia, lalu kemudian ia mengirimkan virus ke computer berbagai Negara misalnya : Singapura, Malaysia, Inggris. Mereka yang bersangkutan tidak mengetahui dan tidak menyadari. Lalu kemudian computer yang terserang virus dari Afrika tersebut disebut dengan “zombie” dan apabila “kaskus” tidak menyerahkan bisnisnya tersebut kepada Afrika, maka Afrika akan menggerakkan seluruh virus yang terdapat di Singapura, Malaysia, Inggris untuk menyerang computer server kaskus.
Pencurian identisas
            Pencurian identitas dengan menggunakan computer sangat mudah
Misalnya : situs klikBCA dahulu pernah dibajak oleh seseorang dan diberi nama yang hampir sama yaitu clickBCA. Dengan design tampilan yang sangat mirip, sehingga para pengguna bank BCA kerap sekali tertipu olah website yang satu ini. Dan nasabah yang telah tertipu dan melakukan login disini akan dikuras tabungannya oleh pemilik website. Karena nasabah secara tidak sadar telah memberikan ID dan Password pada orang yang salah, dan dapat dipergunakan untuk hal yang kurang baik.
Illegal akses dan penggunaan
ð  Hacker: belajar tentang dan menggunakan sistem computer. Hacker menciptakan aplikasi-aplikasi untuk meng-hack computer.
ð  Pidana hacker (juga disebut cracker): penggunaan yang tidak sah keuntungan atau akses ilegal ke sistem computer è lebih buruk daripada hacker.
ð  Script kelinci: mengotomatiskan pekerjaan hacker. Dia menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah ada dan yang telah diciptakan oleh hacker.
ð  Insider: karyawan yang terdiri dari sistem perusahaan.
ð  Malware: program perangkat lunak yang menghancurkan atau merusak pengolahan.
ð  Virus: file program yang mampu melampirkan ke disk atau file lain dan mereplikasi dirinya sendiri berulang kali. Virus tidak dapat menyebar dengan sendirinya, penyebarannya sendiri perlu dibantu oleh pengguna computer, maka dari itu virus perlu diwaspadai.
ð  Worm: program komputer parasit yang dapat membuat salinan dari dirinya sendiri pada komputer yang terinfeksi atau mengirim salinan ke komputer lain melalui jaringan.
ð  Trojan horse: program yang muncul untuk menjadi berguna, tetapi sengaja tidak pengguna tidak mengharapkan sesuatu.
ð  Logika Bom: jenis Trojan horse yang mengeksekusi ketika kondisi tertentu terjadi.
ð  Varian: versi modifikasi dari virus yang dihasilkan oleh penulis virus atau orang lain.

Maraknya kerugian akan computer di atas untungya ada solusinya, yaitu seperti berikut:

Menggunakan Perangkat Lunak Intrusion Detection
è Sistem deteksi intrusi (IDS)
·            Memonitor sistem dan sumber daya jaringan
·            Memberitahukan personil keamanan jaringan ketika indra intrusi mungkin, seperti:
* Berulang upaya logon gagal è logon gagal berulang kali akan sangat mencurigakan, mungin ada yang berusaha masuk melalui id orang lain dan mencoba-coba password,dll. Hal ini harus diantisipasi oleh system.

* Upaya untuk men-download sebuah program untuk server è download sebuah program tidak boleh melalui server. Agar server tetap dalam keadaan bersih dan tak terganggu aktifitasnya.

* Akses ke sistem pada jam biasa è misalkan ada yang mencoba akses internet pada jam selain jam kerja, dan jam-jam yang telah ditentukan. Maka akan sangat mencurigakan.

* Dapat memberikan alarm palsu

* E-mail atau suara peringatan pesan mungkin terlewatkan

Menggunakan Penyedia Managed Service Keamanan (MSSPs)
Keamanan dikelola penyedia layanan (MSSP): organisasi yang memantau, mengelola, dan memelihara keamanan jaringan untuk kedua hardware dan software untuk perusahaan-perusahaan klien
è Menyaring melalui alarm dan peringatan dari semua sistem pemantauan
è Dapat menyediakan pemindaian, memblokir, dan penyaringan kemampuan
è Berguna untuk perusahaan kecil dan menengah

Mencegah kejahatan di Internet
·         Mengembangkan penggunaan Internet yang efektif dan kebijakan keamanan
·         Gunakan firewall yang berdiri sendiri dengan kemampuan monitoring jaringan
·         Menyebarkan sistem deteksi intrusi, memonitor mereka, dan menindaklanjuti alarm mereka
·         Memantau manajer dan karyawan menggunakan internet
·         Gunakan spesialis keamanan Internet untuk melakukan audit terhadap semua kegiatan internet dan jaringan.

Masalah privacy
ð  Dengan sistem informasi, penawaran privasi dengan pengumpulan dan penggunaan atau penyalahgunaan data
ð  Informasi lebih lanjut dan lebih lanjut tentang kita semua sedang dikumpulkan, disimpan, digunakan, dan berbagi di antara organisasi
ð  Siapa yang memiliki informasi dan pengetahuan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search