Rabu, 28 September 2011

Resume & TUGAS Pertemuan3 PBO


NAMA     : Reza Amalia Priyantina
NIM         : 10410100110
DOSEN    : Teguh Sutanto
KELAS    : P3
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
  •    METHOD
Salah satu konsep penting dari pemrograman berorientasi objek adalah pembuatan method. Method merupakan salah satu komponen class yang sangat penting. Tanpa method, sebuah program java hanya kumpulan variabel yang tidak bisa melakukan apapun. Semua proses, operasi dan implementasi algoritma diletakkan didalam method.
        Deklarasi Method

  •    Pendefinisian Method

                5 elemen method

== Acces Modifier Untuk Method : 
11.     4P                    = Package, public, protected, private
22.    Static  
33.     Final                = Menyatakan bahwa kelas tersebut sudah tidak dapat diturunkan lagi menjadi sub class (pewarisan/Inheritance)
44.     Abstract          = menyatakan bahwa class tersebut tidak dapat diinstansiasi langsung menjadi objek. Modifier ini hanya dipakai bila kelas tersebut terletak pada hirarki kelas yang tertinggi, sehingga hanya mungkin diturunkan sebagai subclass, bukan diinstansiasi menjadi objek. 
 
  •  Aturan Penamaan Method
   Aturan dasar dan anjuran Konvensinya sama dengan aturan penamaan variable.   
   Aturan Dasar ( bersifat harus diikuti ) : 
1.      Dimulai dengan abjad ( a,b,c,…. ) atau karakkter underscore ( _ ) atau tanda dollar ( $ ). Nama method tidak dapat dimulai dengan bilangan ( 0,1,2,… ).
2.      Tidak boleh menggunakan reserved keyword dalam java ( public, class, Boolean, )
3.      Tidak boleh mengunakan operator ( +, -, = ).
4.      Java bersifat case sensitive ( membedakan huruf kecil dan capital ), sehingga abjad “ a ”  dan “ A ” diperlakukan sebagai 2 karakter yang berbeda.
   Aturan Konvensi ( bersifat boleh diikuti atau tidak ) 
1.     Bila nama method hanya terdiri dari satu abjad atau satu kata, semua abjad dituliskan sebagai huruf kecil. Contoh : “ a ”, “ x ”, “  perkalian ”, “ pembagian ”.
2.     Bila nama method terdiri dari dua kata atau lebih, kedua kata itu digabungkan. Huruf pertama dari kata pertama sebaiknya huruf kecil, sedangkan huruf pertama kata kedua dan kata berikutnya sebaiknya huruf capital. Contoh : “ perkalianMethod ”. 
  • Memanggil Method
 
Bentuk umum pemanggilan method adalah


  •   METHOD OVERLOADING
                  Adalah membuat dua atau lebih method dengan nama yang sama dalam suatu kelas. Method-method tersebut harus dapat dibedakan antara satu dengan yang lain dalam umlah dan tipe argumentnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini.... 

TUGAS DISINI..... SILAHKAN DOWNLOAD DISINI.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search